Langsung ke konten utama

FP PBO : Antrian loket/customer service di Stasiun Surabaya Gubeng


Saat kita berkunjung ke stasiun, kita bisa melihat ada semacam antrian untuk loket, customer service, boarding pass, dan keluar. Untuk loket dan customer service, biasanya disediakan mesin antrian untuk pelanggan yang akan membeli tiket di loket ataupun yang ada keluhan dan ingin ke customer service.
Disini saya mencoba merancang sistem antrian untuk loket dan customer service di stasiun.

Berikut ini adalah source codenya :

Class StasiunKA


Class CustomerService


Class LoketTiket


Class date



Dan berikut ini adalah skema code programnya


Setelah source codenya di compile, kita coba jalankankan programnya. Berikut ini adalah User Interface programnya. Terdapat 2 menu, yaitu "Pelanggan" dan "Petugas".

Baik pelanggan ataupun petugas, akan diberi pilihan "Loket" dan "Customer Service". Perbedaannya, jika pelanggan mengambil antrian, sedangkan di bagian petugas melayani.

Jika kita memilih "1. Loket", akan diberikan menu seperti dibawah ini. Berlaku untuk pelanggan dan petugas.

Jika kita pilih salah satu menu, disini saya mencontohkan pilihan 1, yaitu Pemesanan Go-Show. Jika sebagai pelanggan, tampilannya akan seperti dibawah ini. Mendapatkan struk antrian yang berisi hari, tanggal, dan jam.

Jika di bagian petugas, akan seperti dibawah ini.

Untuk customer service tidak jauh berbeda seperti di loket, tetapi akan langsung dapat struk antrian tanpa diberikan sub menu seperti di loket.

Untuk mempercepat pelayanan, biasanya terdapat lebih dari satu meja pelayanan. Disini saya menyediakan 2 meja customer service.

Setalah memilih salah satu meja pelayan.

Sekian program yang saya rancang untuk memenuhi tugas final project mata kuliah Pemrograman Berorientasi Objek

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 2 MPPL - Pengalaman Proyek

1.       Nama proyek : Website JMMI ITS 2.       Deskripsi : Pembuatan ulang website official JMMI yang tidak sengaja dihapus oleh pihak IO ITS (International Office ITS) 3.       Lokasi : Sekretariat JMMI 4.       Waktu Proyek : 1 Bulan 5.       Tim yang terlibat : a.       Mujahid Khairuddin b.       Sudrajad Hadi Saputra 6.       Produk yang di hasilkan : a.       Website :  https://jmmi.its.ac.id/ b.       Fitur : Tanya online seputar islam melalui website JMMI c.        Referensi 1 : https://wordpress.com/ d.       Referensi 2 : https://www.tutorialspoint.com/cpanel/index.htm e.       Referensi 3 : https://www.sslforfree.com/

Game Pong Java

Pong adalah suatu permainan yang sempat populer di zamannya. Disini, saya akan mencoba membuat permainan ini dalam program java. Berikut code nya Class Pong Class Ball Class Paddle Class Renderer Skema program Implementasi program