Langsung ke konten utama

Analisis Manajemen Proyek : Google Waymo

Waymo adalah perusahaan pengembangan teknologi self-driving. Waymo berada dalam perusahaan induk Google, Alphabet, yang bermula pada tahun 2009 ketika Google mulai merancang teknologi mobil otonom.

Pada akhir Mei 2014, Google mengungkapkan prototipe baru dari mobil tanpa pengemudi, yang tidak memiliki kemudi, pedal gas, atau pedal rem, menjadi 100% otonom, dan meluncurkan prototipe yang berfungsi penuh pada bulan Desember tahun 2014. Beberapa pabrikan mobil meluncurkan mobil semi-otonom yang bisa dikemudikan oleh komputer, tetapi masih ada kebutuhan interaksi dengan manusia untuk urusan kemudinya. Sementara Waymo ini bisa beroperasi 100% tanpa kendali manusia.

Dilansir dari techcrunch.com, pada 3 Juli 2019, waymo diperbolehkan beroperasi mengantarkan penumpang di jalan California.



Waymo akan menjadi taksi masa depan yang bisa beroperasi penuh tanpa pengemudi. Hal ini mungkin menjadi saingan berat untuk perusahaan taksi kovensional ataupun taksi online. Beberapa orang lebih merasa nyaman jika tidak ada orang lain dalam perjalanan mereka, hal ini bisa menjadi pertimbangan untuk menggunakan hasil proyek Google yang satu ini.

Analisis Proyek Waymo :

  • Time

Waktu pengerjaan proyek ini dimulai dari 17 Januari 2009 hingga sekarang, dan akan terus berlanjut hingga 2020.

  • Cost


Total biaya yang dikeluarkan Google hingga saat ini lebih dari $1 Billion. Biaya ini mungkin akan terus bertambah bergantung pada penambahan fitur kedepannya

  • Scope

Penumpang yang membutuhkan kendaraan umum taksi bisa memanfaatkan Waymo jika tersedia. Saat ini tersedia di beberapa wilayah di Amerika Serikat.

  • Feature

  1. Pengguna memiliki privasi lebih saat di perjalanan
  2. Terhindar dari pengemudi yang ugal-ugalan jika dibandingkan dengan taksi yang dikendarai pengemudi.
  3. Bisa mengurangi pelanggaran lalu-lintas yang biasa di lakukan oleh manusia.
  4. Gaya kemudi sudah disesuaikan oleh programmer, tetap stabil tanpa adanya faktor psikologis dari pengemudi.


Referensi :
https://techcrunch.com/2019/07/02/waymo-is-now-allowed-to-transport-passengers-in-its-self-driving-vehicles-on-california-roads/
https://id.wikipedia.org/wiki/Waymo
https://en.wikipedia.org/wiki/Waymo

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FP PBO : Antrian loket/customer service di Stasiun Surabaya Gubeng

Saat kita berkunjung ke stasiun, kita bisa melihat ada semacam antrian untuk loket, customer service, boarding pass, dan keluar. Untuk loket dan customer service, biasanya disediakan mesin antrian untuk pelanggan yang akan membeli tiket di loket ataupun yang ada keluhan dan ingin ke customer service. Disini saya mencoba merancang sistem antrian untuk loket dan customer service di stasiun. Berikut ini adalah source codenya : Class StasiunKA Class CustomerService Class LoketTiket Class date Dan berikut ini adalah skema code programnya Setelah source codenya di compile, kita coba jalankankan programnya. Berikut ini adalah User Interface programnya. Terdapat 2 menu, yaitu "Pelanggan" dan "Petugas". Baik pelanggan ataupun petugas, akan diberi pilihan "Loket" dan "Customer Service". Perbedaannya, jika pelanggan mengambil antrian, sedangkan di bagian petugas melayani. Jika kita memilih "1. Loket", akan diberik

Tugas 2 MPPL - Pengalaman Proyek

1.       Nama proyek : Website JMMI ITS 2.       Deskripsi : Pembuatan ulang website official JMMI yang tidak sengaja dihapus oleh pihak IO ITS (International Office ITS) 3.       Lokasi : Sekretariat JMMI 4.       Waktu Proyek : 1 Bulan 5.       Tim yang terlibat : a.       Mujahid Khairuddin b.       Sudrajad Hadi Saputra 6.       Produk yang di hasilkan : a.       Website :  https://jmmi.its.ac.id/ b.       Fitur : Tanya online seputar islam melalui website JMMI c.        Referensi 1 : https://wordpress.com/ d.       Referensi 2 : https://www.tutorialspoint.com/cpanel/index.htm e.       Referensi 3 : https://www.sslforfree.com/

Game Pong Java

Pong adalah suatu permainan yang sempat populer di zamannya. Disini, saya akan mencoba membuat permainan ini dalam program java. Berikut code nya Class Pong Class Ball Class Paddle Class Renderer Skema program Implementasi program